Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.
Indexs Berita

2.000 Layang-layang Ramaikan Sanur International Kite Festival

Jumat, 28 Agustus 2015



DENPASAR (KabarSanur.com): Sebanyak 2.000 layang-layang menyemarakkan Sanur International Kite Festival di Pantai Mertasari dalam rangkaian program Dasa Warsa Sanur Village Festival 2015.

Ribuan layang-layang itu mulai diterbangkan sejak Jumat (28/8) kemarin hingga Minggu (30/8) mendatang. Sekitar 1.700 layang-layang peserta lokal mengikuti kompetisi dari berbagai kategori, sedangkan 300 layang-layang peserta dari mancanegara mengikuti acara eksibisi.

Koordinator Sanur International Kite Festival Kadek Dwi Armika mengatakan peserta dari luar negeri di antaranya berasal dari Amerika Serikat, Prancis, Swedia, Polandia, Australia, Jepang, China, Malaysia, Singapura, Thailand. Sedangkan peserta nasional berasaldari Jakarta, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Malang, dan Bali.

“Sebetulnya lebih banyak lagi peserta internasional yang akan hadir, namun dua pecan terakhir mereka menmbatalkannya karena kawatir abu vulkanik Gunung Raung. Pesawat memang bisa ditunda keberangkatannya, namun acara SIKF ini tidak bisa ditunda,” kata Kadek, Jumat (28/8).

Kadek menjelaskan suasana angin yang pas dan cuaca mendukung adalah faktor penentu  layangan bias terbang, dan ini yang menjadi alasan peserta untuk hadir di setiap acara layang-layang. Sanur memiliki potensi  untuk menggelar festivallayang-layang berskala internasional, seperti diungkapkan peserta dari berbagai Negara.

Layang-layang yang diterbangkan dalam eksebisi maupun kompetisi terdiri dari berbagai jenis dan bentuk. Untuk eksebisi yang mayoritas diikuti peserta nasional dan internasional yaitu layangan tanpa rangka, revolusioner, stand kite dan modern kontemporer. Untuk kompetisi yang mayoritas diikuti peserta lokal kategori yang dilombakan bebean, bebean khas Sanur, janggan, janggan buntut, pecukan, kreasi baru dan layangan anak-anak jenis plastik.

Kadek berharap agenda Sanur International Kite Festival yang telah mendapat respons masyarakat layang-layang dunia ini dapat terus didukung dan difasilitasi oleh berbagai pihak. Ia percaya kesuksesan SVF tahun ke sepuluh ini dapat mengantarkan Sanur sebagai sirkuit festival layang-layang internasional yang lebih besar lagi.

Bagi mereka yang belum sempat menyaksikan,masih ada kesempatan menonton aksis para penghobi laang-layang ini di Pantai Mertasari,Sabttu dan Minggu (29-30/8) pukul 10.00-18.00.

    Rekomendasi

0 komentar:

Komentar Anda akan ditampilkan setelah menunggu persetujuan, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.