Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.
Indexs Berita

DIALOG PUSTAKA BENTARA: Memoar, Buku & Babad

Jumat, 14 Agustus 2015

DENPASAR [KabarSanur.com]: Dialog Pustaka Bentara digelar kembali dengan topik bahasan sejauh mana buku memoar dan biografi mampu menjadi rujukan sejarah yang sahih, Sabtu (15/8/2015) mulai pukul 18.30, di Bentara Budaya Bali, Ketewel, Gianyar.

Putu Aryastawa dari Bentara Budaya Bali mengatakan dialog ini menghadirkan narasumber dosen Sejarah Universitas Udayana  Ida Bagus Gde Putra yang bakal menguraikan topik seputar penulisan buku biografi, babad, memoar dan juga catatan pribadi yang diangkat menjadi informasi bagi khalayak luas.

Bakal dikupas bagaimana posisi catatan-catatan seseorang yang tersimpan atau terangkum di dalam blog-blog pribadi, apakah dapat dijadikan sumber sejarah yang valid, atau perlu diuji lagi dalam sejumlah kajian?

“Ada sejumlah pertanyaan yang berkembang kemudian karena ragam tulisan tersebut tidak jarang isinya terbilang bersifat subjektif, dipenuhi kisah-kisah atau tanggapan-tanggapan pribadi, yang boleh jadi dalam beberapa bagian, tak sepenuhnya merujuk pada hal yang faktual?” kata Aryastawa, Jumat (14/8/2015).

Bukankah kajian sejarah selalu berlandaskan pada data dan fakta yang objektif? Bagaimana pula bila disandingkan dan dibandingkan dengan kisah-kisah yang tersimpan di dalam babad-babad yang belakangan ini juga gencar diterbitkan dan diyakini oleh sebagian kalangan sebagai kisah yang merujuk pada kenyataan sejarah? Dialog terbuka untuk umum ini bakal menjawab.

    Rekomendasi

0 komentar:

Komentar Anda akan ditampilkan setelah menunggu persetujuan, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.