Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.
Indexs Berita

Piodalan Tilem Kajeng di Pura Dalem Kedewatan Sanur

Rabu, 19 Agustus 2015

DENPASAR (KabarSanur.com): Warga Sanur Kaja melaksanakan upacara piodalan Tilem Kajeng di Pura Dalem Kedewatan Sanur, Jalan Hangtuah Sanur, Selasa (18/8/2015).

Ritual ini diawali dengan melasti atau mengiring pratima (benda-benda suci) ke Pantai Sanur yang bertujuan untuk disucikan agar bisa menyaksikan upacara yang akan berlangsung. Usai prosesi melasti, iring-iringan pun kembali menuju ke Pura Dalem Kedewaatan Sanur.

Ada yang unik saat pratima kembali ke pura. Suasana sakral sangat terasa saat beberapa anak gadis menari rejang dan sejumlah pemuda menyambut dengan tari baris panah. Kemudian disusul dengan tari baris gede yang disakralkan untuk menandai dimulainya upacara.

Piodalan Tilem Kajeng dilaksanakan selama dua hari (18 & 19 Agustus). Branjar Belong dan Banjar Tangtu mendapat giliran sebagai banjar pemucuk pujawali. "Biasanya setiap 6 bulan sekali banjar di Sanur Kaja bergantian menjadi pemucuk pujawali," kata Kelihan  Pemaksan Tilem Kajeng Ida Bagus Mudiarta.

"Seperti biasa diawali dengan melasti, lalu dilanjutkan tarian baris gede, malamnya akan dilaksanakan ngider buana. Pujawali akan berlangsung hingga malam, sementara itu di jaba sisi atau di wantilan pura disuguhkan balih-balihan prembon oleh Banjar Batanpoh," tambah Gus De Nuh, sapaan akrab kelihan ini.[ags]

    Rekomendasi

0 komentar:

Komentar Anda akan ditampilkan setelah menunggu persetujuan, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.