Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.
Indexs Berita

Sanur Barometer Layang-layang di Bali

Jumat, 14 Agustus 2015

DENPASAR [KabarSanur.com]: Setiap musim layang-layang tiba, langit Sanur selalu dihiasi ribuan kain terbang berbagai bentuk dan warna. Begitu juga pada Minggu (23/8/2015) mendatang, saat digelar festival layang-layang di Sanur.

Sanur sebagai pusat pariwisata di Denpasar pantas menyandang predikat barometer layang-layang Bali. Tradisi layang-layang ini selalu menjadi tontonan bagi masyarakat lokal dan wisatawan.

Salah seorang penggerak festival layang-layang, I Kadek Artayasa, hingga saat ini Sanur tetap menjadi barometer layang- layang di Bali. Ribuan layang-layang besar dari berbagai daerah di Bali melakukan kompetisi selalui lomba yang berskala lokal dan internasional.

"Ini merupakan tradisi yang menjadi tontonan bagi warga lokal dan wisatawan," kata Kadek yang pernah mengikuti berbagai kompetisi layang-layang di sejumlah negara, belum lama ini.

Sanur merupakan daerah bersejarah dan potensial dalam perkembangan layang-layang di Bali, berbagai ragam jenis layang-layang dan Festival layang-layang tumbuh berawal serta berkembang pesat di Sanur. Nilai-nilai filosofis yang disakralkan cukup melekat dan dilestarikan di daerah pesisir Bali selatan ini.

Kata Kadek layang-layang merupakan produk budaya, sebagai alat rekreasi, olah raga dan seni, juga perwujudan dari kreativitas para pembuatnya. “Betapapun sederhana bentuk layang-layang, kita wajib merawat nilai-nilai seni budaya yang terkandung didalamnya,” kata Kadek.

Berbicara tentang layang-layang berarti kita berbicara tentang hasil budaya yang sangat kompleks. Layang-layang mengandung sejumlah sikap hidup yang saling berkaitan mulai dari daya imajinasi untuk melahirkan ide-ide, hingga terwujudnya bentuk yang estetis sampai tinjauan filosofis yang terpancar dari bentuk interprestasi layang-layang itu.

    Rekomendasi

0 komentar:

Komentar Anda akan ditampilkan setelah menunggu persetujuan, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.