Diberdayakan oleh Blogger.
Indexs Berita

Depo Cemara Sanur Gunakan Digester Biogas Baru

Selasa, 17 November 2015

Digester biogas telah dioperasikan di Depo Cemara, Sanur Kaja. (Foto: Meida yunita)
DENPASAR (Kabarsanur.com): Pusat olah sampah Depo Cemara Sanur menggunakan sarana baru berupa mesin digester biogas yang didatangkan dari Bandung.

Anggota Karang Taruna Asta Dharma, Desa Sanur Kaja dan karyawan Depo Cemara dilatih penggunaan mesin baru ini dan telah mengoperasikannya dalam sepekan ini. Penggunaan digester bogas ini diharapkan bisa berkesinambungan dan membuahkan hasil yang baik bagi warga Sanur.

Keberadaan mesin biogas ini bakal menjadi percontohan di wilayah Sanur dan manfaatnya bakal dirasakan masyarakat sekitar. Mesin bantuan BLH ini bsa mengolah sampah rumah tangga dan dikembalikan manfaatnya untuk keperluan gas dan pupuk.

"Segala sampah sisa konsumsi rumah tangga seperti sisa makanan, sisa sayuran, tulang dan daging hewan, limbah cair, susu,jus, bahkan darah misalnya bisa dimasukkan ke mesin ini, dihaluskan dengan grinder dan ditampung. Setelah itu dimasukkan bakteri untuk menghasilkan gas dan pupuk sehingga bisa digunakan," kata Sonson Garsoni, pencetus mesin biogas ini, pekan lalu.

Selain dapat mengurangi bau, proses di depo ini bisa mengubah sampah menjadi kompos dan gas. Mesin ini juga mempermudah pengelola Depo Cemara untuk menguraikan sampah-sampah basah.

"Bisa mengurangi pencemaran bisa juga hasil dari grinder sampah-sampah ini sebagai pakan ikan,” tambah Sonson Garsoni.

Dia berharap pemanfaatan sampahbisa diterapkan pula di rumah tangga dan sebagai langkah penanggulangan sampah yang volumenya kian meningkat.(Meida)

    Rekomendasi

0 komentar:

Komentar Anda akan ditampilkan setelah menunggu persetujuan, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.