Diberdayakan oleh Blogger.
Indexs Berita

Pelatihan Nyurat Lontar Meramaikan Sanur Fiesta Hari Pertama

Jumat, 07 Juli 2017



DENPASAR (Kabarsanur.com) Tepat pukul 10.30 pagi pelatihan nyurat lontar Karang Taruna Asta Dharma yang bekerjasama dengan penyuluh Bahasa Bali Kecamatan Denpasar selatan dimulai. Peserta nyurat lontar berasal dari perwakilan dua orang sekaa teruna dari masing-masing banjar yang ada di Sanur Kaja dan dua orang pula dari masing-masing Karang Taruna Kecamatan Denpasar Selatan.









 Diawali dengan sambutan oleh ketua Karang Taruna Asta Dharma Desa Sanur Kaja lalu pelatihan oleh penyuluh Bahasa Bali berjumlah 9 orang dari Kecamatan Denpasar Selatan. Penyuluh mengawali pelatihan pada Jumat (7/7) dengan menayangkan video proses pembuatan lontar terlebih dahulu. Tiga puluh menit berlalu, pelatih mulai mempraktekkan cara menyurat lontar yang benar. Mulai dari menyiapkan alat-alat: pengrupak, dulang, lontar, kemiri, kapas, dan lain-lain. Cara menulis pun menjadi seru dan menantang bagi para pemula.”Baru pertama kali, greget, penasaran, walaupun rada takut awalnya,” kesan salah satu peserta yang berasal dari sekaa teruna Desa Sanur Kaja. Ada pula peserta yang sudah mahir menulis aksara bali di lontar. 

           “Harapan kita sebagai penyelenggara bekerjasama dengan Kecamatan Denpasar Selatan, ke depannya dapat melestarikan budaya Bali dan lebih banyak orang Bali yang bisa nyurat aksara Bali,” kata Ketua Katar Asta Dahrma saat menyampaikan sambutannya. Acara diakhiri dengan foto bersama peserta, penyuluh, ketua katar Asta Dharma, serta Perbekel Desa Sanur Kaja. Diakhir juga penyuluh berkata karya peserta sudah bagus-bagus walaupun baru belajar dan adapula yang sudah mahir.      

    Rekomendasi

0 komentar:

Komentar Anda akan ditampilkan setelah menunggu persetujuan, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.