Diberdayakan oleh Blogger.
Indexs Berita

Obyek Wisata Wilayah Sanur dan Inovasi Untuk Pengembangannya (4)

Jumat, 20 Oktober 2017



MUSEUM LE MAYEUR
Museum ini merupakan museum yang berada di Kawasan Sanur Kaja. Letak museum ini di daerah pesisir pantai Sanur yang indah. Ditinjau dari bentuk bangunannya, Museum Le Mayeur terdiri dari arsitektur asli Bali mulai dari ruangan maupun tempat – tempat yang menceritakan budaya Bali yang amat kental. Hal ini menunjukkan kecintaan pelukisnya pada Pulau Bali. Museum Le Mayeur diambil dari nama pelukis yang berasal dari Belgia Jerman yaitu Andrien Jean Le Mayeur. Beliau merupakan seorang pelukis yang berkeliling dunia untuk menemukan inspirasi dalam pembuatan lukisan. Hingga sautu ketika beliau mampir ke bali untuk melukis keindahan pulau bali. Namun seiring berjalannya waktu beliau mendapatkan tambatan hatinya yaitu seorang gadis asli Banjar Kelandis Ni Nyoman Polok. Ni Polok merupakan seorang penari legong dan sekaligus menjadi model dari sebagaian lukisan Le Mayeur. Karena rasa cintanya dengan Ni Polok akhirnya Le Mayeur menikahinya dan enetap disebuah rumah yang berada di pesisir pantai sanur. Rumah itu di jadikan tempat untuk tinggal sekaligus studio untuk melukis. Namun, ketika Le Mayeur dan istrinya Ni Polok meninggal dunia, rumah tersebut dijadikan museum yang kini di kenal sebagai museum Le Mayeur.  Keadaan didalam museum dipenuhi dengan berbagai lukisan karya Le Myeur yang berjumlah 88 buah. Lukisan yang pamerkan berasal dari berbagai negara didunia. Le Mayeur dengan berbagai media yaitu kanvas, bagor, hardboord dan lainnya. Bagi pencinta lukisan dan aksitektur khas Bali sangat disarankan unutk mengunjungi museum ini namun, ada beberapa hal yang masih belum dilengkapi di museum Le Mayeur yaitu :
- Tidak adanya tour guide yang memandu .
- Lukisan yang nampak berdebu.
- Perawatan dari seluruh ruangan juga masih kurang inovasi baru yang mungkin diterapkan dimuseum dimusiaum ini yaitu: membuat perlombaan melukis untuk memperkenalkan Musium Le Mayeur lebih luas danmengadakan promosi secara kekinian di media sosial untuk menarik minat pengunjung misalnya membuat spot foto bagus dan di gemari anak-anak muda.

Pantai Matahari terbit dan Mertasari
Apabila membahas Bali Khususnya Sanur, tidak akan pernah lepas dari pantai. Sanur berada pada pesisir pulau Bali yang memiliki banyak pantai. Salah satu pantai yang berada di Sanur Kaja yaitu Pantai Matahari terbit. Pantai ini kerap kali di jadikan tempat untuk berjalan-jalan melihat sunrise sekaligus untuk menyaksikan kebudayaan Bali yaitu Ngaben. Banyak warga lokal maupun wisatawan dari macam Negara mengagumi keindahan pantai ini. Ombak pantai yang menggulung bagai berlarian mampu membuat pikiran menjadi tenang. Tidak hanya itu, pantai ini menyajikan panorama yang mengagumkan dan kegiatan warga setempat yang menarikpengunjung. Kegiatan yang di maksud adalahmasih terdapat nelayan tradisional yang menangkap ikan dengan menggunakan jukung dan alat-alat lain yang bersifat konvensional.

Pantai matahari terbit memiliki dua daya tarik sekaligus yaitu panorama alam dan kebudayaan. Seperti yang saya sampaikan diatas, dipantai ini terdapat tempat untuk melaksanakan upacara ngaben bagi masyarakat Sanur Kaja. Tempat yang dimaksud berupa tempat pembakaran mayat “petunon” yang berada disebelah gapura pintu masuk dari pantai. Tidak heran, setiap terdapat upacara ngaben banyak wisatawan mendatangi pantai matahari terbit untuk melihat upacara sacral tersebut.

Di daerah Sanur terdapat pantai lainnya. Salah satu pantai yang kerap dikunjungi adalah pantai mertasari. Pantai ini masih berada pada kawasan Sanur dan memiliki daya tarik tersendiri. Di pantai ini terdapat sebuah pulau yang diberi nama “Dream Island”. Seperti namanya, pulau ini adalah pulau mimpi artinya pulau yang indah dan diimpikan oleh orang-orang. Obyek wisata ini yang membuat pantai mertasari memiliki daya tarik khusus. Di pulau ini, terdapat berbagai bermacam tempat yang menarik misalnya ayunan dipesisir pantai, restaurant, cottage, peternakan kuda dan unta hingga tempat bersantai untuk rekreasi keluarga.

Setelah membahas mengenai kedua pantai tersebut, dapat disimpulkan bahwa :
A). Pantai Matahari Terbit
- Daya tarik wisata masih alami
- Belum ada inovasi dalam menarik pengunjung
- Masih bertumpu pada sector budaya untuk pariwisata
- Memiliki lahan yang belum dimanfaatkan secara optimal
B). Pantai Mertasari
- Daya tarik wisata kolaborasi antara alami dan buatan
- Sudah melakukan inovasi dalam melakukan pembangunan dibidang pariwisata

Inovasi untuk Desa Sanur Kaja kedepannya 
 Desa Sanur Kaja, memiliki lahan kosong yang belum dimanfaatkan secara optimal. Kawasan tersebut berada didepan pantai matahari terbit dan lapangan Letda Made Pica. Menurut pendapat saya, kawasan tersebut bias lebih dioptimalkan pemanfaatannya untuk menambah pendapatan Desa. Berikut merupakan perbandingan dan inovasi untuk kawasan tersebut:
1. Kawasan lahan pantai matahari terbit
2. Kawasan pinggir pantai
3. Hawa yang sangat panas pada siang hari
4. Memiliki potensi untuk melakukan pembangunan

Menurut saya kawasan pantai ini, perlu ditambah dengan aktifitas air misalnya snorkeling dan banana boat. Ombak dipantai ini terbilang bagus untuk dimanfaatkan sebagai beraktifitas.
Kawasan lahan pesisir pantai. Ada baiknya apabila kawasan ini dibangun untuk pembangkit listrik. Sumber energy dari pembangkit listrik ini berasal dari angina dan gelombang laut. Ditinjau dari lokasi lahan ini sangat berpotensi untuk dijadikan sumber energi di masa mendatang. Pantai memiliki angin yang kencang dan memiliki energi yang kuat untuk menyimpan energi. Begitu pula dengan gelombang laut, gelombang laut di pantai matahari terbit juga terbilang kuat dan cocok untuk dijadikan sumber energy. Saya yakin apabila Desa Sanur Kaja mampu mewujudkan kawasan pembangkit energi tersebut maka, energi terbarukan akan tetap ada dan tidak akan pernah habis.




*) Artikel ini di unggah untuk memotivasi generasi muda Sanur Kaja untuk ikut berpikir dan berinovasi untuk membangun Desa Sanur Kaja menjadi lebih baik.

    Rekomendasi

0 komentar:

Komentar Anda akan ditampilkan setelah menunggu persetujuan, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.