Diberdayakan oleh Blogger.
Indexs Berita

Obyek Wisata Wilayah Sanur dan Inovasi Untuk Pengembangannya (7)

Jumat, 20 Oktober 2017



Museum Le Mayeur
Museum Le Mayeur terletak di tepi pantai sanur, yang merupakan bangunan arsitektur bali yang menjadi tempat menampung lukisan – lukisan hasil karya Adrien – jaen Le Mayeur de merpres. Seniman yang berasal dari Bruxelles, Belgia. Di dalam museum ini terdapat baying lukisannya yang dibuat di atas berbagai media seperti Kanvas, kertas, dll. Sebagian besar lukisannya bertema wanita bali Le Mayeur mengijakkan kaki di bali pada tahun 1932. Le bertemu dengan seorang gadis bali yang bernama ni Nyoman Pollok penari legong yang berasal dari desa kelandis yang kala itu berusia 15 tahun, kemudian ia menjadi model lukis Le Mayour setelah 3 tahun menjadi model, tahun 1935 le Mayour dan Ni Pollok sepakat untuk hidup bersama dalam ikatan perkawinan yang dilangsungkan dengan upacara adat bali. Selama menjadi suami istri Le Mayur terus melukis dengan listrinya sebagai model dan hasil dari menjual lukisan selalu sisihkan untuk memperindah rumahnya dan lukisan yang di anggap di simpan sebagai koleksi pribadi. Pada tanggal  28 agustus 1957, mel;alui akte hatiah no. 37 dari Le Mayour kepada Ni Pollok dan pada saat yang sama juga diterbitkan akte persembahan (sehentik) no. 38 yang isinya menyerahkan rumah beserta isinya yang terdiri dari tanah, lukisan dan barang – barang lainnya dari Ni Pollok kepada pemerintah Indonesia, untuk di jadikan museum tahun 1958 Le Mayour terpaksa kembali ke belgia untuk mendapatkan perawatan terhadap kanker yang dideritanya. Le Mayour meninggal pada tanggal 31 maret 1958. Sampai saat di museum atau bekas tempat tinggalnya yang tersebar di berbagai ruangan.

Pantai Mertasari
Pantai Mertasari berada di kawasan sanur akses masuknya tidak jauh dari jalan Danau Poso, Sanur.  baru saja beroperasi  destinasi wisata yang bernama Dream Island yang terletak di Pantai Mertasari. Untuk menuju lokasi kita akan melewati jembatan kayu lalu disusul dengan jalan setapak yang dikelilingi dengan pohon-pohon disana terdapat berbagai fasilitas mulai dari Restaurant, Futsal Mini, Playground anak-anak, dan juga ada permainan air seperti Kano, Sepeda air dan lain-lain. Disana juga terdapat deretan Cottage Spa dan Massage yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Pantai Matahari Terbit.
Sanur memiliki kawasan pantai yang sempurna menghadap ke timur, sehingga cocok untuk menyaksikan terbitnya matahari/sunrise. Salah satunya adalah Pantai Matahari Terbit, yang berlokasi dekat dengan hotel Bali Beach. Selain pemandangannya di pantai matahari terbit juga terdapat berbagai stand makanan. Selain itu, pantai Matahari Terbit juga digunakan sebagai tempat upacara Agama Hindu yaitu Upacara Ngaben.

Di Wilayah Sanur Kaja banyak terdapat daerah wisata seperti pantainya. namun masih ada lahan kosong yang masih dapat digunakan sebagai objek wisata yang dapat menarik wisatawan. Disana kita dapat membuat sebuah wilayah yang tidak hanya menarik wisatawan asing, tapi juga menarik wisatawan lokal. Seperti lahan kosong di pantai Matahari Terbit, kita dapat menatanya menjadi sebuah tempat/taman yang cocok sebagai tempat berkumpul keluarga. Dengan menanam berbagai pohon disertai jalan setapak yang sejuk dan juga penempatan stand makanan dan berbagi fasilitas seperti Playground dan lain-lain.

*) Artikel ini di unggah untuk memotivasi generasi muda Sanur Kaja untuk ikut berpikir dan berinovasi untuk membangun Desa Sanur Kaja menjadi lebih baik.

    Rekomendasi

0 komentar:

Komentar Anda akan ditampilkan setelah menunggu persetujuan, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.