Diberdayakan oleh Blogger.
Indexs Berita

Obyek Wisata Wilayah Sanur dan Inovasi Untuk Pengembangannya (9)

Jumat, 20 Oktober 2017



Museum Le Mayeur
Museum adalah tempat-tempat untuk menaruh barang yang bersejarah. Salah satunya Museum Le Mayeur. Nama Museum ini diambil dari nama bekas pemiliknya yaitu “ Adrien Jean Le Mayeur”. Beliau seorang pelukis dari Bruxelles Belgia yang datang ke Bali pada tahun 1932 melalui pelabuhan Buleleng Singaraja dan menuju Denpasar. Di Denpasar beliau bertemu seorang gadis yang bernama Ni Nyoman Pollok dan menjadikannya seorang model. Lukisan dengan model Ni Nyoman Pollok sangat memuaskan. Setelah 3 tahun, mereka setuju untuk menikah. Pada tahun 1956 Bapak Bahder Djohan selaku menteri pendidikan, pengajaran dan kebudayaan datang mengunjungi rumah Le Mayeur, dan ia sangat terkesan melihatnya dan meminta agar rumahnya dijadikan museum. Ide itu disambut dengan baik oleh Le Mayeur. Kemudian pada tanggal 28 Agustus 1951 Museum Le Mayeur pun terbentuk. Namun pada tahun 1958 Le Mayeur menderita sakit kanker telinga, walau sudah berobat di Belgia ia wafat pada bulan Mei 1958 dan Ni Nyoman Pollok yang mengurus rumahnya sendirian meninggal pada tanggal 28 Juli 1958.

Bagian – bagian tempat yang terdapat di Museum Le Mayeur antara lain : Ketika kita baru masuk, kita menjumpai sanggah Pengijeng yang berfungsi sebagai tempat pemujaan Dewa Surya, lalu tepat di depan sanggah ada sebuah gedung yang berisi lukisan dari tahun 1927, 1928, 1929, 1937, 1938, 1942, dan 1957 yang menggambarkan kehidupan masyarakat Bali seperti memetik bunga untuk sembahyang dan wanita yang menunjang bakul. Di sebelah selatan pintu masuk, terdapat cafĂ© Bali Night yang dibangun Ni Nyoman Pollok yang ingin bertemu dengannya sambil makan bersama. di sebelah utara pintu masuk terdapat Balai Bengong sebagai tempat melepas lelah sambil menikmati keindahan pantai Sanur dan Balai Pecanangan tempat menyiapkan sesajian sekaligus menyimpan alat - alat keagamaan. Manfaat Museum Le Mayeur adalah kita bisa melihat lukisan - lukisan Le Mayeur dengan model Ni Nyoman Pollok yang sangat terkenal pada masa itu.

Pantai Matahari Terbit dan Pantai Mertasari
Pantai Mertasari dan Pantai Matahari Terbit adalah pantai yang terkenal di Sanur. Namun orang - orang lebih kenal dengan Pantai Mertasari karena selain memiliki pantai yang bagus, pantai Mertasari juga memiliki potensi yang besar dari Dream Island yang mereka miliki, hal itu sangat memicu banyaknya orang yang ingin berkunjung kesana.

Berbeda dengan Pantai Matahari Terbit, tidak banyak wisatawan yang ingin berkunjung kesana karena kurangnya objek daya tarik wisata yang terdapat disana walau adanya tanah kosong yang luas yang dapat dijadikan dan memiliki potensi yang besar. Jadi di tanah kosong yang ini pemerintah bisa membuat 3 objek pariwisata dan tempat yang banyak diperlukan orang banyak. Seperti di tempat pertama bisa membuat taman yang ditumbuhi bunga - bunga yang indah agar banyak orang ingin mengunjungi sebagai latar berfoto yang bagus seperti yang dimiliki Pantai Mertasari, tempat kedua yang bisa kita buat yaitu pameran pasar malam karena kurangnya destinasi hiburan yang dimiliki Sanur Kaja, pemerintah bisa membuat pameran seperti Khrisna Funtastic Island karena di Pantai Matahari Terbit ini lahan kosongnya sangat luas jadi memungkinkan untuk dibuat pameran Khrisna Funtastic Island dan tempat ketiga yang bisa dibuat adalah panggung untuk konser dan sedikit lahan untuk penonton karena banyak orang lorganisasi yang membutuhkan panggung konser atau bazzar yang membutuhkan panggung. Pendapat tersebut bisa menjadi tambahan apabila taman dan pameran sedikit pengunjungnya. Jadi, itulah ide saya truna dari Banjar Pekandelan untuk memajukan potensi di Pantai Matahari Terbit.


*) Artikel ini di unggah untuk memotivasi generasi muda Sanur Kaja untuk  ikut berpikir dan berinovasi untuk membangun Desa Sanur Kaja menjadi lebih baik.

    Rekomendasi

0 komentar:

Komentar Anda akan ditampilkan setelah menunggu persetujuan, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.