Diberdayakan oleh Blogger.
Indexs Berita

Obyek Wisata Wilayah Sanur dan Inovasi Untuk Pengembangannya (11)

Jumat, 20 Oktober 2017



Museum Le Mayeur
Museum Le Mayeur adalah salah satu obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi di Sanur Kaja, Denpasar, Bali. Nama museum diambul dari nama bekas pemiliknya yaitu Adrien Jean Le Mayeur di Merpres. Seorang pelukis berasal dari Bruxelles, Belgia, datang ke Bali pada tahun 1932 melalui pelabuhan Buleleng Singaraja, dan selanjutnya menuju Denpasar. Di Denpasar Le Mayrur menyewa sebuah rumah dan bertemu dengan seorang penari legong keraton yang bernama Ni Nyoman Pollok. Ni Nyoman Pollok kemudian dijadikan model untuk lukisan yang ingin dibuat Le Mayeur.

Lukisan-lukisannya dengan model Ni Nyoman Pollok dipamerkan di Singapura dengan hasil yang sangat memuaskan dan nama Le Mayeur menjadi semakin dikenal, selesai pameran Le Mayeur kembali datang ke Bali untuk membeli sebidang tanah yang dijadikannya rumah di pantai Sanur lokasi museum sekarang karena kedekatannya dengan Ni Nyoman Pollok, timbul rasa saling mencintai sehingga Ni Nyoman Pollok sepakat untuk hidup bersama Le Mayeur dalam ikatan perkawinan yang dilangsungkan dengan upacara adat Bali.

Lukisan tertua di museum Le Mayeur tercatat pada tahun 1921 dan termuda adalah satu tahun sebelum Le Mayeur meninggal yakni 1957. Jumlah lukisannya semasa hidup tercatat sebanyak 88 buah. Lukisan Le Mayeur dibagi menjadi 5 jenis koleksi berdasarkan media yang dipakai yaitu bagor, hard baeard, tripleks, kertas, dan kanvas. Di museum Le Mayeur memiliki 4 ruang yang dibagi menjadi fungsi yang berbeda-beda sebagai berikut:
Ruang 1 adalah bekas ruang tamu untuk menerima sahabat kenalan, pengunjung maupun pejabat yang datang menikmati lukisan.
Ruang 2 adalah tempat bulu-buku bacaan pribadi.
Ruang 3 adalah bekas studio tempat Le Mayeur melukis Ni Nyoman pollok sebagai model lukisannya.
Ruang 4 adalah tempat tidur Ni Nyoman pollok dan Lemayeur.

Di bagian luar, bangunan beraksitektur khas Bali terlihat. Ada sebuah kolam yang diapit bangunan. Di depan pintu masuk, sebuah pura kecil berdiri. Di pintu masuk museum, patung-patung juga berdiri. Museum Le Mayeur terletak di Jalan Hang Tuah, Sanur Kaja, Denpasar, Bali. Museum Le Mayeur berada di bawah pengelolaan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

Pantai Matahari Terbit & Pantai Mertasari

Pantai matahari Terbit
Pantai Matahari terbit adalah salah satu tempat destinasi wisata yang berada di Sanur Kaja, Denpasar Bali. Pantai ini sangat indah dan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke pantai tersebut disamping keindahan pantainya, terdapat kebudayaan adat Bali seperti halnya upacara ngaben yang dilaksanakan pada hari-hari tertentu di Pantai Matahari Terbit.

Pantai Mertasari
Pantai Mertasari terletak di sanur kauh yang sudah mulai berkembang dengan salah satu Destinasi wisatanya yang bernama Dream Island.

Perbandingannya
Pantai Matahari Terbit dan Pantai mertasari adalah salah satu contoh pantai yang berkembang di Sanur, tepatnya di Sanur Kaja dan Sanur Kauh. Kedua pantai tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Seperti contohnya Pantai Matahari Terbit yang belum di kelola secara maksimal. Terdapat beberapa lahan kosong yang tidak terpakai. Harusnya lahan kosong tersebut isa di kelola menjadi tempat rekreasi atau lahan kosong tersebut bisa dikelola menjadi tempat rekreasi atau lahan penghijauan seperti halnya Dream Island di Pantai Mertasari Sanur.


*) Artikel ini di unggah untuk memotivasi generasi muda Sanur Kaja untuk ikut berpikir dan berinovasi untuk membangun Desa Sanur Kaja menjadi lebih baik.

    Rekomendasi

0 komentar:

Komentar Anda akan ditampilkan setelah menunggu persetujuan, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.