Diberdayakan oleh Blogger.
Indexs Berita

Obyek Wisata Wilayah Sanur dan Inovasi Untuk Pengembangannya (3)

Jumat, 20 Oktober 2017


Bali merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang ibu kotanya ialah Denpasar. Mayoritas masyarakat Bali merupakan pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali dikenal sebagai tujuan wisata dengan keunikan berbagai hasil seni dan budayanya. Bali juga dikenal dengan sebutan pulau dewata dan pulau seribu pura. Terdapat banyak objek wisata yang ada di Bali, salah satunya adalah museum le mayeur yang terletak di Sanur.

MUSEUM LE MAYEUR
Museum le mayeur menyuguhkan pengalaman yang berbeda saat mengunjungi museum, dimana bangunan museum le mayeur ini berarsitektur Bali  yang Nampak pada tembok bangunan museum yang berisi ukiran dan sangat kental dengan budaya Bali. Meskipun le mayeur sendiri bukan orang Bali, akan tetapi kecintaannya terhadap Bali membuatnya kagum terhadap salah satu pulau yang sangat dikenal masyarakat dunia ini ditambah lagi dengan sang istri yang bernama Ni Nyoman Pollok adalah orang Bali yang dikenal dengan kemolekannya saat menarikan tarian legong keratin membuat Le Mayeur semakin jatuh hati. Museum Le Mayeur adalah museum yang memamerkan lukisan hasil-hasil karya dari Le Mayeur itu tersendiri  dengan menggunakan sang istri sebagai modelnya. Dan ada juga beberapa karya lukisan dari Le Mayeur yang dilukisnya di luar negeri seperti di Italia, Prancis dan banyak Negara lainnya. Di museum Le Mayeur terdapat banyak lukisan yang dibuat diatas kanvas, bagor, kertas dan hard board. Dan dengan menggunakan warna yang alami sehingga lukisan Le Mayeur ini sangat disukai oleh wisatawan. Terdapat 5 bangunan yang dipakai untuk memamerkan lukisan Le Mayeur dan terdapat bale bengong, bale pencanangan. Sampai saat ini pun Museum Le Mayeur masih menjadi daya tarik untuk dikunjungi karena selainpecinta lukisan, siswamaupun kalangan lain juga benyak berkunjung ke museum iini untuk penelitian, mencari informasi, untuk mengetahui sejarah dari museum Le Mayeur itu sendiri dan sekedar berwisata menikmati lukisan luat biasa dari Le Mayeur. Sembari menikmati suasana pantai Sanur yang indah dengan desiran ombaknya.

PANTAI MATAHARI TERBIT
Selain museum Le Mayeur, Sanur juga memiliki objek wisata lainnya yaitu pantai matahari terbit. Di pantai matahari terbit ini wisatawan dimanjakan dengan pemandangan pantai Pasir Hitam yang indah ditambahlagi jika beruntung, wisatawan dapat melihat langsung budaya bali yakni ngaben yang dilakukan oleh masyarakat Desa Sanur Kaja khususnya. Hanya disayangkan pemanfaatan potensi wisata pantai Matahari Terbit belum terbilang maksimal. Berbeda halnya dengan yang dilakukan oleh desa Sanur Kauh yang salah satu contohnya adalah pantai Mertasari yang sudah dimanfaatkan menjadi objek wisata yang menarik pengujung untuk datang ke objek wisata tersebut yang natinya menjadi sumber pemasukan desa. Objek wisata yang diandalkan di desa Sanur Kauh adalah Dream Island yang berisi Cottage, Restaurant, pelabuhan, wahana permainan air dan lainnya.

Desa Sanur Kaja pun bisa untuk mengembangkan potensi wisatanya dengan banyaknya lahan kosong di area Pantai Matahari dan juga Lapangan Made Pica. Secara infrastruktur Desa Sanur Kaja sudah terbilang baik, apalagi dibangun gapura pembatas membuat Desa Sanur Kaja semakin gagah terlihatnya.

POTENSI DESA SANUR KAJA YANG BISA DIKEMBANGKAN.
Adapun opini saya untuk memajukan potensi wisata di desa Sanur Kaja ini adalah dengan memanfaatkan lahan kosong yang terdapat di area pantai Matari Terbit tersebut tersebut adalah dengan membangun Taman Sanur Kaja yang berisi taman rekreasi ditambah dengan permainan untuk anak-anak dan juga bisa dikunjungi berbagai kalangan. Selain itu juga bisa diisi dengan Food Court yang nantinya memberikan kesempatan bagi pengusaha makanan untuk berjualan di tempat itu dan Food Court ini juga saat ini sangat digandrungi anak remaja yang natinya kawasan ini akan dikelola oleh Desa Sanur Kaja atau Karang Taruna dan bisa menjadi sumber pemasukan bagi desa. Dan juga di kawasan Pantai Matahari Terbit bisa dimaksimalkan dengan bekerja sama atau mengadakan event Surfing seperti yang saya lihat, pantai Matahari Terbit juga berpotensi untuk kawasan surfing. Adapun opsi lain yaitu membangun Sport Centre yang juga bisa dimaksimalkan, karena saya melihat banyak sekali potensi yang bisa dimaksimalkan dari Desa Sanur Kaja

*) Artikel ini di unggah untuk memotivasi generasi muda Sanur Kaja untuk ikut berpikir dan berinovasi untuk membangun Desa Sanur Kaja menjadi lebih baik.

    Rekomendasi

0 komentar:

Komentar Anda akan ditampilkan setelah menunggu persetujuan, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.