Diberdayakan oleh Blogger.
Indexs Berita

Obyek Wisata Wilayah Sanur dan Inovasi Untuk Pengembangannya (5)

Jumat, 20 Oktober 2017



Museum Le Mayeur
Museum Le Mayeur adalah salah satu objek wisata yang berada di Sanur Kaja. Didalam musim ini terdapat beragam lukisan yang berbuat dari cat air diatas bagor ada juga cat minyak diatas hardboard, cat minyak diatas kanvas dan lain sebagainya. Sejarah museum ini sebenarnya tidak jauh dari nama pemilik tersebut nama museum Le Mayeur diambil dari bekas pemiliknya “Adrien Jean Le Mayeur de Merpres” Seorang pelukis berasal dari Bruxelles, Belgia datang ke Bali pada tahun 1932 melalui pelabuhan Buleleng Singaraja dan selanjutnya menuju Denpasar, setelah di Denpasar Le Mayeur menyewa rumah di banjar kelandis dan bertemu dengan penari legong keratin berumur 15 tahun bernama Ni Nyoman Pollok, yang kemudian dijadikan model lukisannya dan selama 3 tahun bersama akhirnya mulai timbul rasa saling mencintai antara Le Mayeur dengan Ni Nyoman Pollok dan akhirnya pun dia menikah dan membuat banyak lukisan sebagai lukisan pribadi. Pada tahun 1956 ketika bapak Bahder Djohan mengunjungi rumah Le Mayeur beliau sangat terkesan dan mengusulkan agar rumah dari Le Mayeur dijadikan museum. Dengan senang hati Le Mayeur menerima pernyataan tersebut dan semakin giat untuk membuat lukisan, tetapi di tahun 1958 Le Mayeur menderita sakit kanker telinga yang sangat ganas. Dan akhirnya dibawa ke Belgia oleh Ni Wayan Pollok untuk berobat selama 2 bulan. Pada bulan Mei 1958 akhirnya Le Mayeur meninggal dunia di usianya yang ke 78 tahun dan dikubur di Belgia.

Di museum tersebut terdapat 6 ruangan yaitu:
1. Ruang pameran museum Le Mayeur
2. Ruang IV ruangan ini adalah bekas kamar tidur Le Mayeur dengan Ni Pollok
3. Ruang V ruangan ini adalah bekas kamar mandi dan ruang rias pribadi Ni Pollok
4. Ruang babi pecanangan
5. Ruang studio tempat melukis
6. Ruang untuk tempat istirahat

Pantai Matahari Terbit
    Pantai Matahari Terbit ini juga salah satu objek wisata yang ada di sanur kaja, disini wisatawan bisa menikmati suasana pantai dan mengetahui tradisi orang bali yaitu upacara Ngaben.

Pantai Mertasari
    Pantai ini adalah salah satu objek wisata di daerah sanur kauh, di pantai ini sudah ada kemajuan seperti Dream Island.

Potensi Yang Bisa Ditingkatkan
Le Mayeur    : disini bisa saja ditingkatkan potensi wisatanya dengan cara wisatawan selain memfoto lukisan atau ruangan tersebut bisa juga kita ajarkan caranya melukis agar wisatawan semakin merasa lebih senang dengan cara kita mengajarkan mereka melukis dan tidak hanya melihat dan memfoto-foto saja jadi dari sini mereka bisa mengajak teman mereka dating kesana dan dia menjamin temannya senang selain lihat-lihat lukisan disamping itu juga diajarkan cara melukis.

Pantai Matahari Terbit
& Pantai Mertasai    : disana terdapat lahan kosong nah menurut saya mengapa disana kita tidak bikin taman bermain seperti pada waktu Sanves banyak kebun dan taman bermain jadi disana itu kelihatan lebih sejuk  untuk para wisatawan berfoto-foto dan mengabadikan moment itu untuk kenang-kenangan mereka bersama keluarga. Dan para wisatawan berfikiran oh berarti tidak hanya di kuta atau di mertasari saja ada objek wisata menarik dan ternyata di daerah Sanur Kaja juga ada objek wisata yang lebih menarik, dan sekarang terus menerus ada masukan dari mulut ke mulut objek wisata di Matahari Terbit bisa ramai pengunjung. Dan pantai Mertasari menjadi contoh pertama untuk mengembangkan objek wisata baru.

*) Artikel ini di unggah untuk memotivasi generasi muda Sanur Kaja untuk ikut berpikir dan berinovasi untuk membangun Desa Sanur Kaja menjadi lebih baik.

    Rekomendasi

0 komentar:

Komentar Anda akan ditampilkan setelah menunggu persetujuan, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.