Diberdayakan oleh Blogger.
Indexs Berita

Obyek Wisata Wilayah Sanur dan Inovasi Untuk Pengembangannya (12)

Jumat, 20 Oktober 2017



Museum Le Mayeur
Museum Le Mayeur merupakan salah satu museum yang unik yang terletak di Denpasar, tepatnya di Sanur. Museum Le Mayeur ini merupakan salah satu bentuk kecintaan seorang seniman yang bernama A.J. Le Mayeur de Merpres terhadap gadis Bali yaitu Ni Nyoman Polok. Nama museum Le Mayeur ini diambil dari nama seniman tersebut. Le Mayeur menyewa sebuah rumah di Banjar Kelandis hingga bertemu dengan seorang gadis Bali bernama Ni Nyoman Polok. Awalnya, Le Mayeur menjadikan Ni Nyoman Polok sebagai model untuk lukisannya. Hingga beberapa lama, Le Mayeur mempamerkan lukisan tersebut di Singapura dan kembali lagi ke Bali. Sesampainya di Bali, Le Mayeur membeli sebuah rumah yang terletak di tempat museum yang sekarang. Yaitu di tepi Pantai Sanur. Dengan adanya Ni pollok sebagai model lukisnya, membuat Le Mayeur menjadi lebih betah berada di bali. Kemudian, mereka berdua mempunyai perasaan saling mencintai dan akhirnya memutuskan untuk menikah.

Pada tahun 1956. Mentri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan datang yaitu Bapak Bahler Djohan untuk mengunjungi tempat kediaman Le Mayeur dan meminta kepada Le Mayeur agar rumahnya dapat dijadikan museum. Le Mayeur tentu sangat setuju dengan tawaran yang diberikan. Hingga ia makin semangat untuk melancarkan serta meneruskan lukisannya. Pada tanggal 28 Agustus 1957, impiannya menjadi kenyataan yaitu menyerahkan rumah beserta isinya kepada pemerintah Republik Indonesia untuk dijadikan museum. Tahun 1958, penyakit kanker telinga dideerita oleh Le Mayeur. Penyakit ini sangat berpengaruh dan sudah mulai keras. Le Mayeur ditemani sang istri berobat ke Belgia. Tetapi ia meninggal dunia di umur 78 tahun. Dan jenazahnya di kubur di Belgia. Ni Nyoman Pollok kembali ke pulau Bali untuk mengurus rumahnya yang kini menjadi museum Le Mayeur dan Ni Nyoman Pollok meninggal tahun 1985

Pantai Matahari Terbit
Pantai Matahari Terbit terletak di kawasan Sanur, Bali. Pantai ini merupakan tempat yang indah untuk menyaksikan sunrise. Pantai ini berbatasan langsung dengan Pantai Sanur. Pantai Matahari Terbit tidak terlalu banyak akan pasirnya. Melainkan karang yang mengisi setiap bagian dari pantai ini. Di sepanjang jalannya, terdapat warung-warung makan yang sebagian besarnya menjual makanan yang terolah dari ikan. Pantai Matahari Terbit juga memiliki Jogging Track. Tetapi pantai ini kurang dalam hal menarik banyak turis asing (para pengunjung) untuk mendatangi tempat wisata ini. Berbeda halnya dengan salah satu pantai yang terletak di kawasan Sanur Kauh, yaitu Pantai Mertasari. Dimana pantai ini memiliki daya pikat yang sangat bisa menarik perhatian pengunjung. Dibandingkan dengan pantai Matahari Terbit, pantai Matahari Terbit dapat dikatakan indah, tetapi kurangnya tempat-tempat yang ada di Matahari Terbit menjadikannya sedikit pengunjung yang tertarik.

Potensi yang dilakukan terhadap Pantai Matahari Terbit
Pantai Matahari terbit dapat dikatakan sebagai objek wisata yang sangat menarik. Tetapi alangkahbaiknya lagi, jika pantai ini dapat ditambahkan konsepnya untuk menarik pengunjung. Di lahan kosong tersebut tersebut seharusnya di bangun beberapa tempat yang biasanya diminati para pengunjung luar maupun lokal. Contohnya rumah makan yang bergaya western. Kemudian,dapat dibuat dan disusun beberapa pohon sehingga tidak terlalu panas. Membangun hotel juga dapat diminati oleh para pengunjung asing yang memiliki klasifikasi kelas atas. Jika adanya café disana, membuat kawasan menjadi kurang mearik. Perlu juga adanya tourist information yang ada disana. Kita juga bisa menjadikan Matahari Terbit ini sebagai tempat untuk wisata bahari sehingga ada peminat yang berkunjung.

*) Artikel ini di unggah untuk memotivasi generasi muda Sanur Kaja untuk ikut berpikir dan berinovasi untuk membangun Desa Sanur Kaja menjadi lebih baik.

    Rekomendasi

0 komentar:

Komentar Anda akan ditampilkan setelah menunggu persetujuan, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.