Diberdayakan oleh Blogger.
Indexs Berita

Obyek Wisata Wilayah Sanur dan Inovasi Untuk Pengembangannya (6)

Jumat, 20 Oktober 2017



Museum Le Mayeur
Museum Le Mayeur merupakan salah satu tempat wisata di Desa Sanur Kaja. Museum ini dahulu adalah tempat tinggal dari pelukis yang bernama Adrien Jaen Le Mayure. Le Mayeur adalah pelukis yang berasal dari Bruxelles Belgia yang datang ke Bali pada tahun 1932, sebelum Le Mayeur tinggal di pantai Sanur ia dahulu mempunyai rumah di Banjar Kelandis disitu ia bertemu dengan seorang penari legong keraton berumur 15 tahun yaitu Ni Nyoman Polok yang kemudian dijadikan model lukisannya. Setelah Le Mayeur berhasil memamerkan lukisannya di Singapura dengan model Ni Nyoman Polok ia balik lagi ke Bali dan membeli sebidang tanah di pantai Sanur yaitu Museum itu sendiri. Setelah tiga tahun menjadi model pada tahun 1935 Le Mayeur dan Ni Polok sepakat untuk hidup bersama dan pada tahun 1956 Bahder Djohan mengusulkan tempat tinggal itu dijadikan museum. Pada tahun 1957 yaitu tanggal 28 Agustus Museum tersebut diserahkan kepada pemerintah dan pada tahun 1958 Le Mayeur meninggal dunia akibat penyakit kanker yang sangat ganas, ia meninggal di Belgia yang ditemani Ni Polok. Ni Polok kembali ke Bali untuk menguru Museum tersebut hingga ia meninggal dunia pada tahun 1985.

Dimuseum tersebut terdapat 6 ruangan yang diantaranya :
1. Ruang studio tempat melukis
2. Ruang untuk tamu yang ingin melihat lukisannya
3. Ruang untuk berkumpul keluarga
4. Ruang untuk tempat istirahat (kamar tidur)
5. Ruang untuk Ni Polok merias diri beserta kamar mandi
6. Ruang untuk menyiapkan sesajian dan menyimpan alat – alat upacara
Dimuseum juga terdapat tempat yang dibangun oleh Ni Polok tahun 1970 yaitu untuk memenuhi permintaan wisatawan yang ingin bertemu da nada juga bangunan untuk tempat melepas lelah dan untuk menikmati keindahan pantai Sanur.

Pantai Matahari Terbit
Di Pantai Matahari terbit ini wisatawan bias melihat upacara yang ada di Bali yaitu upacara ngaben selain itu  wisatawan juga bias menikmati keindahan alam dan pantainya. Pantai Matahari terbit ini juga salah satu tempat wisata yang berada di Desa Sanur Kaja ini.

Pantai Mertesari
Pantai Mertesar ini mungkin bias dikatakan sebagai contoh untuk mengembangkan tempat wisata yang  berada di Sanur Kaja.

Potensi yang bias ditingkatkan

Di pantai Matahari Terbit yaitu terdapat lahan kosong dimana kita dapat kembangkan seperti misalnya membuat kebun yang sama seperti sanvest sebelumnya disitu  kita dapat membuat daya Tarik wisatawan meningkat, kenapa kebun itu hanya sebatas sanfest, sebenarnya kebun itu  bias kita kembangkan lagi tidahk hanya sewaktu sanfest, itu bias dijadikan potensi baru di Desa Sanur Kaja ini.

Di Le Mayeur bisa ditingkatkan dengan cara mengajak wisatawan untuk mengetahui tentang melukis  itu senditi mungkin dengan cara diadakan pembelajaran melukis di museum Le Mayeur itu sendiri.

*) Artikel ini di unggah untuk memotivasi generasi muda Sanur Kaja untuk ikut berpikir dan berinovasi untuk membangun Desa Sanur Kaja menjadi lebih baik.

    Rekomendasi

0 komentar:

Komentar Anda akan ditampilkan setelah menunggu persetujuan, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.