Diberdayakan oleh Blogger.
Indexs Berita

Obyek Wisata Wilayah Sanur dan Inovasi Pengembangannya (2)

Senin, 06 Agustus 2018



Oleh : Kadek Yoga Kusumadewa

Pada tanggal 29 juli 2018, kami peserta truna truni melakukan kegiatan pembekalan truna-truni sanur kaja 2018. Lokasi pembekalan kami ada 3, antar lain : monument perjuangan srikosala, museum lemayur, dan dream island. Pada pukul 9 pagi, kami sudah berkumpul di depo cemara. Dan pada pukul 10.00 kami tiba di tempat pertama.

Pandangan saya terhadap tempat pertama yaitu pantai matahari terbit ialah pantai matahari terbit biasanya dipakai oleh warga khususnya desa sanur kaja untuk melakukan upacara pitra yadnya. Selain untuk upacara keagamaan, pantai matahari terbit juga salah satu tempat wisata unggulan di sanur kaja.  Selain dari kedua hal tersebut, adalah yang istimewa yaitu terdapat monumen perjuangan “srikosala”. Monument ini adalah monument yang dibuat untuk mengenang jasa pahlawan bali saat melawan penjajah yang datang ke bali lewat pantai matahari terbit. Menurut saya agar matahari terbit lebih mendatangkan wisatawan, pemerintah desa membuat pertunjukan tari daerah bali setiap malam minggu agar matahari terbit lebih dikenal lagi khususnya untuk wisatawan asing karena sanur adalah daerah pariwisata.Selain itu di matahari terbit terdapat lahan kosong. Mungkin menurut saya bisa dimanfaatkan untuk membuat festival sanur kaja yang dapat mengundang wisatawan ke pantai matahari terbit untuk menghabiskan waktu luangnya. Saya pribadi ingin matahari terbit seperti dream island. Agar pemasukan desa sanurkaja meningkat dengan membuat pantai matahari terbit yang dapat mengundang wisatawan untuk pergi kesana.

Pandangan saya pada tempat pembekalan museum lemayur. Museum lemayur salah satu objek wisata terkenal di daerah sanur kaja. Selain dapat berkunjung, kita juga bisa dapat mengetahui asal usul dari museum lemayur. Pendiri museum ini bernama Le Meyeur dengan istrinya yang bernama Ni Pollok. Di museum terdapat banyak sekali peninggalan lukisan dari Le Mayeur. Lukisan yang paling banyak ya itu lukisan sang istri yang sedang memperagakan jenis tarian bali. Museum ini buka pada pukul 09.00 pagi.

*)Artikel ini tidak di edit oleh admin. Artikel peserta langsung di publish sebagaimana dibuatnya.

---------
"Kabarsanur, informasi seputar lingkungan Desa Sanur Kaja yang Muda dan Informatif"
facebook.com/Kantor Perbekel Sanur Kaja
facebook.com/Karang Taruna Asta Dharma




    Rekomendasi

0 komentar:

Komentar Anda akan ditampilkan setelah menunggu persetujuan, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.