Diberdayakan oleh Blogger.
Indexs Berita

Obyek Wisata Wilayah Sanur dan Inovasi Pengembangannya (6)

Senin, 06 Agustus 2018





Oleh : WAYAN FEBRIANA YOGISWARA

Pada tanggal 29 Juli 2018, kami peserta truna truni melakukan kegiatan pembekalan truna-truni sanur kaja 2018.Lokasi pembekalan ada 3 antara lain ; monument perjuangan Sri Kosala(Pantai Matahari Terbit), Museum Le Mayur,dan Dream Island.Kami berkumpul pukul09.00 di depo cemara dan pukul 10.00 kami tiba di tempat pertama.

Museum Le Mayeur, museum ini diambil dari nama bekas pemiliknya “Adrien Jean Le Mayeur”,Seorang pelukis dario Bruxelles Belgia datang ke Bali.Di Denpasar beliu menyewa rumah di Banjar Kelandis dan bertemu seorang gadis penari legong berumur 15 tahun bernama Ni Nyoman Pollok, yang kemudian dijadikan model.Lukisan-lukisannya dengan model Ni Nyoman Pollok di pamerkan di Singapura dengan hasil memuaskan, karena kecantikan dan keindahan tubuh Ni Nyoman Pollok membuat Le Mayeur jatuh hati sehingga beliu ingin menikahinya. Setelah tiga tahun berselang, mereka berdua memutuskan untuk hidup bersama walau umurya selisih 52 tahun.Pada bulan Mei (1958) Le Mayeur meninggal dunia karena menderita kanker telinga yang sangat ganas dan Ni Nyoman Pollok meninggal dunia pada tanggal 28 Juli 1985 dalam usia 68 tahun. 

Menurut saya museum Le Mayur adalah tempat wisata di desa sanur kaja yang dimana terletak di tepi pantai sanur yang terdapat sejarah unik tentang museum ini.Sejarah uniknya yaitu ada seorang pelukis yang sudah berumur menikahi model yang selisih umurnya 52 tahun. Dimana sejarah unik ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat desa untukmenjadi daya tarik wisatawan,di dalam museum Le Mayur ini harus melestarikan lingkungan seperti menambah tanaman di sekitar tempat, jika sudah dibuat wisatawan nyaman, pihak desa bisa menaikan harga tiket masuk untuk menambah pendapatan desa.

Di pantai matahari terbit  ada 2 buah monument yang letaknya di sebelah utara dan selatan pantai. Monument tersebut bernama monument “SRI KHOSALA” yang dimana masing-masing monument mempunyai arti yang sama yaitu  sebagai tanda untuk mempringati kita semua dalam member penghargaankepada mereka yang telah mengorbankan jiwa raga membela nama baik indonesi, dan memperingati dtangnya kapal panjajah jepang ke bali.
Selain itu di pantai matahari terbit sangat banyak mempunyai lahan luas sehingga kita dapat mengembangkan atau menggunakan lahan tersebut sebagai taman wisata untuk membantu mengembangkan DESA SANUR KAJA ini, jika lahan di pantai tersebut digunakan dengan baik maka kita bisa membantu menambah ekonomi atau pemasukan untuk Desa Sanur Kaja.  

Pembatas di pantai matahari terbit yang di sebelah utara perlu kita buat lebih tinggi lagi kenapa karna jik kita lihat arah obak semakin ke utara ombak semakin keras dan jika sewaktu” ombak besar kita tidak usah kahwatir karna obak bisa mengenai penjual yang ada dipesisir pantai tersebut.

Dan dipantai matahri terbit juga perlu untuk melakukan peraturan untuk larangan membuang sampah bagi pengunjung dan menaruh tempat sampah di setiap sudut pantai atau sekitar pantai supaya wisatawan tidak membuang sampah sembarangan.

*)Artikel ini tidak di edit oleh admin. Artikel peserta langsung di publish sebagaimana dibuatnya.

---------
"Kabarsanur, informasi seputar lingkungan Desa Sanur Kaja yang Muda dan Informatif"
facebook.com/Kantor Perbekel Sanur Kaja
facebook.com/Karang Taruna Asta Dharma

    Rekomendasi

0 komentar:

Komentar Anda akan ditampilkan setelah menunggu persetujuan, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.