Diberdayakan oleh Blogger.
Indexs Berita

Obyek Wisata Wilayah Sanur dan Inovasi Pengembangannya (9)

Senin, 06 Agustus 2018



Oleh : Ida Bagus Saskara

Dalam tour pembekalan hari ini saya mendapat banyak pengalaman serta ilmu terutama sejarah mengenai monumen Sri Kosala dan Museum Le Mayeur. Dengan mengunjungi kedua tempat tersebut saya menyadari bahwa desa sanur kaja memiliki potensi yang sangat besar dalam aspek ekonomi,budaya dan teknologi-informasi. 

Bila di pantai mertasari memiliki dream island, pantai matahari terbit sebenarnya dapat dijadikan destinasi pariwisata,salah satu caranya dengan memanfaatkan sejarah monument sri kosala, seperti menghias sekitar pantai matahari terbit dengan tema monument tersebut. Misalnya  membuat tempat baca/ mini perpustakaan yang khusus berisi sejarah monument tersebut/budaya sanur dan sejenisnya. Di sana juga bisa kita tambahkan photo booth. Karena saat ini saya melihat bahwa monument tersebut tidak terlalu ditonjolkan,padahal dengan sejarahnya kita bisa menggunalannya untuk kemajuan desa sanur kaja.
Selanjutnya alangkah bagusnya kita membantu dagang yang ada di sekitar pinggir pantai matahari terbit untuk menambah usahanya,contoh bantuannya bisa seperti memberi gagasan untuk masing-masing dagang tersebut menjual hal yang berbeda, karna dari pandangan saya dari ujung ke ujung penjualan mereka cukup monoton sehingga kurang terlalu berkesan. Jadi menurut saya kita bisa menambah fasilitas disana agar cukup menarik apalagi di sana ada banyak turis yang berkunjung.

Lalu pada museum Le mayeur selain memiliki lukisan, museum tersebut dapat kita kembangkan dengan teknologi yang ada saat ini. Sejarah pertemuan/ kisah cinta Le Mayeur dan Ni Pollok, kisah tersebut dapat kita film kan dan bisa kita buatkan pertunjukan drama / sejenisnya sehingga dapat menarik minat turis asing dan penduduk local. Lalu kita juga bisa mengembangkan lukisan di atas bagor untuk menambah pendapatan sekitar. Di museum tersebut juga bisa kita tambahkan aksesoris sebgai tambahan pendapatan.

*)Artikel ini tidak di edit oleh admin. Artikel peserta langsung di publish sebagaimana dibuatnya.

---------
"Kabarsanur, informasi seputar lingkungan Desa Sanur Kaja yang Muda dan Informatif"
facebook.com/Kantor Perbekel Sanur Kaja
facebook.com/Karang Taruna Asta Dharma

    Rekomendasi

0 komentar:

Komentar Anda akan ditampilkan setelah menunggu persetujuan, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.